0 Comment
Nama Jenis Senjata Tradisional Aceh Penjelasan Bentuk Dan Keunikan

Nama-Jenis-Senjata-Tradisional-Aceh-Penjelasan-Bentuk-Dan-Keunikan

-Senjata Tradisional Aceh-Postedby-BukanTrik-, Aceh memiliki masa keemasan dan kejayaan yang dimulai pada abad ke-16, yaitu pada masa kerajaan Islam Aceh Darussalam, dan kemudian mencapai puncaknya pada abad ke-17. Suku Aceh pada umumnya dikenal sebagai pemegang teguh ajaran agama Islam, dan juga sebagai pejuang militan dalam melawan penaklukan kolonial Portugis dan Belanda. Dalam melawan dan mengusir para penjajah pejuang aceh menggunakan senjata tradisional khas aceh yang sangat populer di nusantara

Aceh memiliki jenis –jenis senjata tradisional yang khas dan sangat popular sebagai senjata yang menjadi identitas bagi masyarakat aceh sebagai symbol dari keberanian dan ketangguhan. Selain itu juga senjata tradisional memiliki keunikan bentuk dan model yang terdapat pada senjata tradisional berikut nama nama jenis senjata tradisional yang berasal dari provinsi aceh

1. Senjata Tradisional Rencong Dari provinsi Aceh


senjata-tradisional-provinsi-aceh-rencong

Rencong merupakan salah satu senjata tradisional provinsi Aceh ini dianggap sebagai simbol identitas diri, yaitu simbol keberanian dan ketangguhan suku Aceh. Rencong digunakan pada zaman Kesulatanan Aceh yaitu pada saat pemerintahan Sultan Ali Mughaya Syah (Sultan Pertama Aceh).

Senjata Rencong ini selalu menemani dan diselipkan di pinggang Sultan Aceh, para ule balang dan juga masyarakat aceh yang memakai senjata tradsional rencong sebagai senjata dalam mempertahankan diri.

Rencong yang dimiliki (digunakan) oleh Sultan (raja) dan para bangsawan, biasanya terbuat dari bahan emas dengan sarungnya terbuat dari gading. Sedangkan rencong yang digunakan oleh masyarakat umumnya/biasa terbuat dari besi putih atau kuningan dengan sarung yang dibuat dari kayu dan tanduk kerbau.

Rencong sebagai senjata tradisional Aceh, terdiri dari 4 macam, yaitu;
  • Rencong Meucugek (Meucugek)

  • Meucugek atau cugek ini merupakan istilah perekat. Bentuk dan gagang rencong dibuat panahan dan mempunyai perekat yang berfungsi memudahkan penggunanya saat menikamkan senjata ini ke badan musuh/lawan.
  • Rencong Meupucok

  • Rencong ini mempunyai pucuk yang terbuat dari ukiran-ukiran logam emas di atas gagangnya. Rencong ini biasa digunakan sebagai hiasan pada acara-acara resmi yang berhubungan dengan acara adat ataupun kesenian.
  • Rencong Pudoi

  • Rencong ini disebut pudoi karena rencong ini mempunyai gagang yang pendek dan lurus. Sehingga terkesan rencong tersebut belum selesai. Sebutan pudoi Aceh ini adalah istilah untuk sesuatu yang dianggap belum selesai/sempurna.
  • Rencong Meukuree

  • Yaitu yang mempunyai hiasan pada bagian matanya. Hiasan tersebut dapat berupa gambar lipan, ular, bunga ataupun yang lainnya

2. Senjata Tradisional Siwah


senjata-tradisional-provinsi-aceh-siwah

Siwah merupakan salah satu senjata tradisional khas Aceh sejenis senjata tradisional rencong. Tajamnya yang serupa dengan rencong, fungsi senjata tradisional siwah adalah sebagai senjata untuk menyerang lawan. Dimana keunikan Bentuknya pun sama dengan senjata tradisional rencong (baik ukuran besar ataupun panjang) tapi siwah melebihi rencong.

siwah ini adalah bagian perlengkapan dari raja-raja atau ulebalang-ulebalang. Untuk siwah yang diberikan hiasan dari emas dan permata pada sarung dan gagangnya, berfungsi sebagai perhiasan bukan sebagai senjata.

3. Senjata Tradisional Peudeung (pedang)


senjata-tradisional-provinsi-aceh-pedang
Senjata tradisional selanjutnya yaitu peudeung. Peudeung dalam bahasa Aceh yaitu pedang. Peudeung atau pedang Aceh ini digunakan/fungsikan sebagai senjata untuk menyerang lawan juga seperti senjata tradisional siwah dan senjata tradisional rencong. Jika rencong sebagai senjata untuk menikam, maka peudeung digunakan berbarengan dengan itu, yaitu sebagai senjata pencincang atau mentetak.

Menurut daerah asal peudeung ini, di Aceh dikenal dalam beberapa peudeung yaitu peudeung Habsyah (dari Abbesinia), peudeung Turki (dari raja-rajaTurki) dan peudeung Poertugis (dari Eropa Barat).Senjata peudeung ini mempunyai beragam bentuk gagang sesuai dari jenis pedang dan orang yang memakainya

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam macam “Nama Jenis Senjata Tradisional Aceh Penjelasan Bentuk Dan Keunikan” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top