0 Comment
Nama PAKAIAN ADAT Tradisional BALI Pria dan Wanita

Nama-PAKAIAN-ADAT-Tradisional-BALI-Pria-dan-Wanita

-Pakaian Adat Bali-Poastedby-BukanTrik-,  Indonesia memang terkenal dengan beragam budaya yang memiliki keunikan itu bisa di lihat dari rumah adatnya seni tariannya , jenis alat music tradisional serta pakaian adatnya. Bali termasuk salah satu daerah yang memiliki pakaian adat daerah Bali yang unik dan bervariasi. Pakaian adat bali memiliki keagungan dan citra tersendiri. Dari pakaian adat yang dikenakan, dapat diketahui status ekonomi dan perkawinannya.

Dalam berpakaian masyarakat bali memiliki nilai filosofi yang Tercermin dalam acara acara yang disakralkan karena bali termasuk daerah yang sudah di kenal oleh dunia karena keindahan alam dan pantainya serta adat budaya yang tercermin pada masyarakat bali, maka filosofi pakaian adat Bali kini menjadi penting dalam eksistensinya. Pakaian adat Bali mempunyai standardisasi dalam kelengkapannya.

Pakaian adat Bali lengkap umumnya dipakai pada upacara adat/keagamaan atau upacara perayaan besar. Sedangkan pakaian adat madya dipakai saat melaksanakan ritual sembahyang harian atau saat menghadiri acara yang menggembirakan seperti contohnya ketika pesta kelahiran anak, kelulusan anak, sukses memperoleh panen, atau penyambutan tamu

Filosofi pakaian adat Bali pada dasarnya bersumber pada ajaran Sang Hyang Widhi, yakni Tuhan yang diyakini memberikan keteduhan, kedamaian dan kegembiraan bagi umat Hindu yang mempercayainya.

Setiap daerah memiliki ornamen berbeda yang memiliki arti simbolis dalam pakaian adatnya masing-masing. Meskipun demikian, pakaian adat Bali pada dasarnya adalah sama, yakni kepatuhan terhadap Sang Hyang Widhi. Pakaian ini juga seringkali dipakai untuk membedakan tingkat kasta, yang merupakan buatan manusia itu sendiri. Di hadapan Maha Pencipta, manusia semua adalah sama derajatnya. Selain sebagai wujud penghormatan kepada sang pencipta, pakaian adat Bali merupakan suatu bentuk penghormatan

Pakaian adat tradisional dari daerah Bali sebenarnya sangat sangat beragam, walaupun kalau di lihat sepintas kelihatannya sama. Tiap-tiap daerah di Bali memiliki ciri khas masing masing dalam hal pakaian tradisional. Untuk melihat status sosial serta status ekonomi orang di Bali bisa diketahui dengan berdasarkan corak baju serta ornamen perhiasan apa yang dipakainya

Pakaian adat bali yang dikenakan oleh kaum laki-laki dan kaum wanita (perempuan). terdapat tiga macam jenis pakaian adat bali yang biasa dikenakan masyarakat Bali umumnya.
  • Pertama, pakaian untuk acara keagamaan.
  • Kedua, pakaian untuk acara perkawinan.
  • Ketiga, pakaian untuk sehari-hari.
Sebagai contoh dalam pemakaian sanggul oleh kaum perempuan Bali ketika pergi ke pura. Remaja putri memakai sanggul/pusung gonjer sendangkan perempuan dewasa yang sudah menikah mengenakan sanggul/pusung tagel

Pakaian adat Bali yang paling mewah adalah Busana Agung. Pakaian ini biasanya dikenakan saat rangkaian acara potong gigi atau perkawinan.

Pakaian Adat Bali

Ada beberapa model serta jenis variasi dari Busana Agung bali dilihat dari sisi tempat, waktu, dan keadaan. Kain yang digunakan dalam pakaian (baju) adat Bali yang satu ini bernama wastra wali yang khusus di gunakan untuk upacara atau wastra putih sebagai simbol kesucian. Tapi, tak jarang pula kain dalam pakaian adat Bali ini diganti dengan kain songket yang sangat pas untuk mewakili kemewahan atau prestise bagi pemakainya.

Sedangkan untuk kaum laki-laki Bali selain mengenakan kain wastra wali sebagai pakaian khas adat Bali mereka juga mengenakan kampuh gelagan atau biasa disebut dodot yang dipakai hingga menutupi dada.

Sementara, perempuan Bali sebelum mengenakan Busana Agung biasanya menggunakan kain lapis dalam yang disebut sinjang atau tapih untuk mengatur langkah wanita agar terlihat anggun.

Pakaian adat Bali selain mempunyai nilai keindahan, tapi di dalamnya juga tersimpan nilai – nilai filosofis dan simbolik yang tersembunyi dalam bentuk, fungsi, serta maknanya. Itulah sebabnya dalam pakaian adat Bali dihiasi oleh berbagai ornamen dan simbol yang mempunyai arti tersindiri.

Kelengkapan Pakaian Adat Bali

Kelengkapan pakaian adat Bali terdiri dari beberapa item. Item tersebut antara lain kamen untuk pria, songket untuk pria dan wanita, udeng untuk pria dan sanggul lengkap dengan tiaranya untuk wanita. Disamping itu laki-laki Bali menyematkan keris, sedangkan wanita membawa kipas sebagai pelengkapnya.

Pakaian tradisional daerah Bali untuk Pria


Untuk kelengkapan pakaian adat tradisional yang di kenakan oleh pria Bali yaitu terdiri dari udeng atau ikat kepala, Kain kampuh, umpal atau selendang pengikat, kain wastra atau kain kemben, sabuk, keris sebagai senjata tradisional bali serta beragam ornamen perhiasan. Sebagai pelengkapnya sering pula dikenakan baju kemeja, jas serta alas kaki.

Pakaian Adat Tradisional Daerah Bali Untuk Wanita


Sedangkan untuk busana baju tradisional wanita Bali terdiri dari Kain wastra, kain tapih atau sinjang di sebelah dalam, Sabuk prada (stagen), membelit pinggul dan dada, Gelung (sanggul), Selendang songket bahu ke bawah, Sesenteng (kemben songket) serta Beragam ornamen perhiasan. Dari kelengkapan pakaian tradisional untuk wanita Bali tersebut juga sering dikenakan kebaya, kemudian kain untuk penutup dada serta alas kaki untuk pelengkap

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam macam “Nama Pakaian Adat BALI Pria dan Wanita (penjelasan lengkap)” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top