0 Comment
Nama Pakaian Adat Tradisional Kalimantan Tengah pria wanita

Nama-Pakaian-Adat-Tradisional-Kalimantan-Tengah-pria-wanita

-Pakaian Adat Kalimantan Tengah-Postedby-BukanTrik-, Kalimantan tengah Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan kekhasan dalam berbusana, baik dari bahan yang di buat untuk baju dan celana maupun aksesoris yang di gunakan / di pakai sebagai pelengkap dalam berbusana yang memiliki fungsi tersendiri bagi si pemakainya Baju adat suatu daerah biasanya diidentikkan dengan etnis (suku ) mayoritas yang terdapat di daerah tersebut tata busana masyarakat kalimantan umumnya memadukan bahan dari kulit kayu,serat alam yang di rajut yang berhiaskan gambar khas yang diberi pewarna alam, serta menambahkan aksesorisis manik-manik dan arguci sebagai pelengka dalam berbusana.

tetapi dengan berkembangnya peradaban Busana tradisional yang di gunakan oleh masyarakat Kalimantan tengah yang beredar sekarang ini hampir seluruhnya dibuat dari kain tenun halus serat kapas atau sutra. Yang berawal dari para pedagang Gujarat dari India yang datang ke Nusantara dengan membawa serta kain-kain tenun halus sebagai barang dagangan.

Kain-kain tersebut ditenun dari serat kapas atau sutra. Masyarakat Kalimantan tengah terutama yang bermukim di daerah pesisir dan pusat kerajaan, memberikan apresiasi positif terhadap bahan busana yang sebelumnya tidak ada pada khasanah karya tenun masyarakat dayak kalimantan.

Sehingga mengadaptasikan teknik menenun kain halus itu dengan para kreativitas penenun masyarakat dayaak kalteng yang kemudian meneghasilkan kain tenun halus yang saat ini di pakai untuk bahan baju (pakaian ) baik untuk baju adat, busana pengantin maupun baju untuk keseharian masyarakat kalteng. karena alam Nusantara yang kaya menyediakan bahan baku untuk pembuatan kain yaitu kapas dan sutra.

Sedangkan corak hias dan modelnya tidak bergeser dari bentuk asalnya (budaya local ) sebagai ciri khas . Pakaian tradisional masyarakat kalteng yang sekarang dianggap sebagai busana daerah Kalimantan Tengah dalam berbagai upacara adat yang merupakan pengembangan dari busana adat tradisonal masa lampau. Untuk pakaian adat yang di pakai oleh kaum laki laki dan kaum perempuan memiliki ciri dan bentuk yang berbeda berikut penjelasannya

Pakaian Adat Kaum Perempuan Masyarakat Kalimantan tengah

  • kaum perempuan terdiri dari baju kurung ngasuhui berlengan panjang atau pendek, dari kain satin atau beludru, yang pada bagian bawahnya diberi corak hias stilasi bentuk flora atau fauna.
  • Paduannya rok panjang sebatas betis, disebut salui, dari kain yang sama yang juga diberi corak hias berupa penggayaan bentuk flora atau fauna.
  • Rambut yang disanggul bentuk sanggul lipat atau dibiarkan terurai dihias ikat kepala, lawung bawi, dari kain yang sewarna dengan baju dengan sehelai bulu burung haruei yang diselipkan pada ikat kepala bagian belakang.
  • Dan aksesori yang dikenakannya adalah kalung manik-manik, dan anting-anting atau suwang.

Pakaian Adat yang di gunakan Kaum Lelaki Kalimantan tengah

  • Adapun pakaian untuk kaum pria yang dikenakan adalah sejenis rompi baju tanpa lengan, dengan menambahkan kain penutup pada bagian bawah sebatas lutut,
  • pada bagian kepala menggunkan ikat kepala yang berhiaskan bulu-bulu enggang,
  • selain juga ada penggunaan akseosoris yang berupa kalung manik-manik, ikat pinggang, dan tameng kayu serta mandau dibagian pinggang ada sebagian yang menyebut sebagai baju adat untuk perang atau para ksatria dayak

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam macam “Nama Pakaian Adat KALIMANTAN TENGAH Pria dan Wanita (penjelasan lengkap)” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top